Tips Perawatan Mobil Matic Agar Tidak Ngadat


Tips perawatan mobil matic sangat dibutuhkan untuk membuat mobil matic tetap aman terkendali saat digunakan. Tak bisa dipungkiri saat ini mobil matic sangat banyak digunakan baik laki-laki atau perempuan. Mobil matic banyak dipilih karena mudah digunakan. Terutama bagi orang yang baru belajar mengendarai mobil, lebih mudah menggunakan mobil matic. Menggunakan mobil matic dibandingkan mobil manual lebih sederhana. Pengoperasian mobil matic tidaklah sulit untuk pemula. Terutama untuk perempuan, menggunakan mobil matic lebih aman dan juga nyaman. Maka tak heran bila mobil jenis ini yang sekarang banyak digunakan dibandingkan jenis manual. Baik mobil matic dan mobil manual pasti memiliki kekurangan dan kelebihan. Kekurangan bisa ditutupi dengan selalu memperhatikan kesehatan mesin mobil.

Berikut ini adalah beberapa tips perawatan mobil matic yang bisa dilakukan untuk menjaga mobil tetap dalam kondisi prima.

1.     Service mobil berkala

Service mobil tidak hanya dilakukan saat mobil mengalami masalah saja. Sebaliknya lakukan service berkala untuk mengecek kondisi masin mobil. Tujuan melakukan service berkala ini adalah untuk mendeteksi ancaman kerusakan sedini mungkin.

2.     Mengganti oli mesin dan oli transmisi

Bagian mobil yang harus sering diperhatikan adalah oli mesin dan oli transmisi. Oli mesin dan oli transmisi juga harus diganti secara berkala agar berkendara nyaman.

3.     Menggati oli transmisi saat mobil melewati daerah banjir

Mengganti oli transmisi juga sangat penting saat mobil kemasukan air. Kahususnya saat melewati genangan banjir maka air akan masuk ke dalam gearbox. Untuk mengantisipasi adanya masalah maka perlu diganti oli transmisinya.

4.     Memanaskan mobil

Jika memiliki kendaraan jangan lupa untuk memanaskan mobil sebelum digunakan. Jika mobil matic sering tidak dipanaskan maka akan mengganggu kinerja mesin karena sering dikejutkan dengan kerja berat tiba-tiba.

Itulah tips perawatan mobil matic yang bisa diikuti. Diantara tips perawatan mobil diatas yang wajib dilakukan adalah memanaskan mesin sebelum mobil digunakan dan sering service. Jika sering melakukan service maka akan secara berkala ganti oli mesin maupun oli transmisi serta semuanya mengalami pengecekan sehingga mobil selalu dalam kondisi aman.