Tips Penggunaan Popok Bayi Sekali Pakai agar Terbebas dari Iritasi


Memilih popok bayi memang bukanlah hal yang mudah. Terutama bagi seorang wanita yang baru saja mempunyai buah hati untuk yang pertama kalinya. Banyaknya merek produk popok yang beredar sering kali membuat orang tua khawatir memilih popok yang bagus untuk anaknya. Namun Anda tak perlu khawatir, berikut merupakan tips penggunaan popok sekali pakai agar terbebas dari iritasi.


1.      Gantilah Popok Sesering Mungkin

Untuk mengurangi risiko kulit iritasi pada bayi Anda, gantilah popok sesering mungkin untuk menjaga keamanan dan kenyamanan bayi saat beraktivitas. Popok yang memiliki tingkat kelembapan yang tinggi cenderung lebih cepat menimbulkan ruam,  alergi, maupun iritasi pada kulit. Jadi seringlah mengganti popok bayi agar kelembapannya tetap terjaga.

2.      Pilihlah Popok yang Bebas Pemutih

Adanya bahan kimia yang terkandung dalam popok sekali pakai dapat menyebabkan iritasi pada kulit bayi. Oleh sebab itu,  pilihlah popok sekali pakai yang terbebas dari pemutih dan bahan kimia berbahaya lainya.  Popok yang mengandung pemutih dan bahan kimia cenderung meningkatkan risiko iritasi pada kulit bayi.

3.      Gunakan Sabun Khusus Bayi

Saat membersihkan kulit bagian bawah si buah hati, gunakanlah sabun khusus bayi yang lembut tak beraroma dan air hangat serta whaslap. Setelah membersihkan kulit bayi bagian bawah,  biarkan kulit si kecil kering dan terkena udara sebelum mengganti popok.  Hal ini bertujuan agar kulit bayi tidak dalam keadaan yang lembap secara terus menerus.

4.      Gunakan Salep

Bila terapat iritasi pada kulit bayi Anda,  tak perlu khawatir.  Ada bisa menggunakan krim zink atau salep anti iritasi yang aman digunakan bayi untukmengurangi raum dan iritasi pada kulit bayi Anda. Iritasi sering kali terjadi saat kulit bayi tidak cocok dengan salah satu produk tertentu.

5.      Pilihlah Ukuran yang Sesuai

Ukuran popok yang digunakan bayi dapat memicu terjadinya iritasi.  Jadi pilihlah ukuran popok yang sesuai dengan kebutuhan bayi. Gunakanlah popok yang tidak terlalu ketat,  sebab popok yang terlalu ketat justru akan menyebabkan iritasi pada kulit bayi. Begitu pula popok yang terlalu longgar tidak membuat si bayi nyaman saat memakainya.

6.      PastikanPopok Terletak dengan Benar

Penggunaan popok yang tidak benar juga dapat memicu terjadinya iritasi. Mengapa demikian? Sebab letak popok yang salah dapat membuat si bayi merasa tidak nyaman saat bergerak. Letak popok yang salah berisiko membuat goresan pada kulit bayi sehingga memicu terjadinya iritasi.

7.        Sering Membersihkan Bagian Kelamin Bayi

Bagi Anda yang lebih memilih menggunakan popok sekali pakai dari pada popok kain, sering-seringlah membersihkan bagian bawah bayi Anda.  Hal ini perlu dilakukan untuk menjaga kebersihan bayi Anda. Pastikan Anda mencuci tangan terlebih dahulu sebelum membersihkan bagian bawah bayi serta jangan lupa untuk mengeringkan alat kelamin setelahnya.

Di atas adalah beberapa paparan mengenai tips penggunaan popok bayi sekali pakai agar terbebas dari iritasi. Jika Anda ingin membeli popok maupun perlengkapan bayi yang  aman di gunakan, tidak usah khawatir, www.orami.co.id menyediakan berbagi perlengkapan bayi yang aman, ekonomis,dengan kualitas terbaik pastinya.