Resep Masakan Tradisional Ayam Pukang Nikmat



Resep masakan tradisional ayam pukang merupakan salah satu resep masakan yang bukan berasal dari masyarakat pribumi. Masakan ini berasal dari orang Tionghoa. Selain di Indonesia masakan ini juga terkenal di Malaysia dan Singapura. Namun di dua negara tersebut masakan ini tidak biasa disebut sebagai Ayam Pukang melainkan Nyonya Babah. Penyebutan namanya berbeda dengan Indonesia. Memasak Ayam Pukang ini sangat nikmat dengan dibakar karena rasa pukangnya akan sempurna. Namun tidak masalah juga untuk digoreng meskipun mempengaruhi rasa. Semuanya tergantung selera dan kemampuan yang memasak. Ayam Pukang ini bisa disajikan dengan lontong atau nasi. Keduanya tetap nikmat untuk menyantap Ayam Pukang.

                                                                                     


Resep masakan ayam membutuhkan cukup banyak tenaga. Ada bumbu halus, bumbu yang dimemarkan dan dibiarkan utuh. Sementara ayam yang digunakan haruslah ayam kapung agar nikmatnya terasa. Ayam harus dimarinasi dengan air jeruk kemudian dipanggang sebelum dimasak. Bahan-bahan yang diperlukan diantaranya yakni bahan halus seperti:


1.     Bawang merah

2.     Bawang putih

3.     Cabe merah

4.     Kemiri

5.     Ketumbar

6.     Garam

Sementara bahan yang dimemarkan diantaranya:


1.     Legkuas

2.     Sereh

Bahan yang dibiarkan utuh yakni:


1.     Asam glugur

1.     Daun salam segar

2.     Santan

Cara memasak masakan Ayam Pukang ini cukup mudah yakni dengan menumis semua bahan kemudian memasukkan ayam panggang, santan, masak hingga matang. Mudah sekali seperti memasak opor yang mana membutuhkan santan. Tentunya jangan lupa diaduk jika memasak agar santannya tidak menggumpal. Mengaduknya harus setiap saat karena santan mudah sekali menggumpal.

Ayam Pukang ini merupakan resep maskan tradisional orang barat Indonesia yang semestinya memang bersantan. Apalagi jika terkenal di Malaysia memang kebanyakan makanan-makanan yang bersantan. Diatas adalah resep umum untuk memasak Ayam Pukang. Tentu bahan bisa menyesuaikan selera masing-asing beserta takarannya yang disesuaikan. Di setiap daerah kemungkinan ada perbedaan cara memasak sesuai dengan cita rasa daerah masing-masing bisa berupa penambahan bumbu. Bisa ditambahkan gula atau bumbu lainnya yang lebih menyesuaikan selera.